Langsung ke konten utama

Review Buku :The Tenth Circle

Sumber tokopedia
Judul: The Tenth Circle
Pengarang: Jodi Picoult
Penerbit: PT GPU ( Maret 2006)
Tebal: 504 halaman
ISBN: 9789792242287
Genre: Novel Dewasa (Family Saga)

The Tenth Circle adalah salah satu karya Jodi yang sangat mengagumkan. Bercerita tentang hubungan ayah (Daniel Stone) dan anak gadisnya (Trixie Stone). Serta kekompleksan jalinan kasih ibunya (Laura).

Cerita bermula dari peristiwa pemerkosaan Trixie oleh mantan pacarnya Jason Underhill. Status Trixie sebagai mantan kekasih Jason, membuat semua orang tidak percaya pada pengakuan atas pemerkosaan yang dialami Trixie. Orang tua Trixie pun ikut terseret dalam kasus yang menimpa Trixie.

Ayahnya, Daniel Stone adalah seorang komikus ternama. Sedangkan ibu Trixie, Laura adalah seorang dosen di Maine University yang mengajar mata kuliah Inferno, karya Dante.

Di tengah kekalutan kasus Trixie, terkuak rahasia Laura yang ternyata selingkuh dengan mahasiswanya sendiri. Hal ini semakin membuat Daniel frustasi dan memunculkan bagian kelam dirinya yang telah lama terkubur.

Masa lalu Daniel sebagai anak Yup'ik, anak kulit putih di pedalaman Alaska, selalu menerima ejekan dan penolakan. Masa kelam itu, membentuk Daniel menjadi laki-laki yang kasar dan kejam. Hingga dia melarikan diri ke Maine, Amerika. Di kota ini dia bertemu dan jatuh cinta pada Laura.

Demi menjadi ayah dan suami yang baik, Daniel bertransformasi menjadi seorang laki-laki lembut berprofesi sebagai komikus. Hingga saat putri, yang merupakan cahaya hidupnya, tersakiti dan terluka, sisi liarnya kembali menyeruak.

Masalah semakin rumit, saat Jason ditemukan mati di sungai. Awalnya polisi, mengira ini adalah bunuh diri. Karena dalam penyelidikan awal, ada beberapa bukti yang memberatkan Jason dalam kasus pemerkosaan Trixie. Namun, ini adalah murni kasus pembunuhan.

Tanda tanya besar muncul akan siapa pembunuh Jason. Trixie, Daniel, atau orang lain? Membuat cerita semakin menarik dibaca. Endingnya pun tak mudah ditebak. Twistnya seru!

Alur cerita cenderung cepat, namun mengasyikkan. Seting diambil mulai Maine hingga dinginnya Alaska. Gaya penulisan Picoult sudah tidak diragukan lagi ya. Dia berhasil menelurkan banyak judul-judul best seller. Permasalahan intern keluarga adalah keahliannya.

Penokohan yang kuat, lengkap, dengan detail masa lalu, kelebihan, kekurangan, sisi baik, dan sisi buruk membuat tokoh Daniel serasa nyata. Penggambaran bagaimana penderitaannya sebagai ayah yang merasa gagal dan terkhianati oleh perselingkuhan istrinya, membuat pembaca ikut larut dalam keterpurukan.

Dalam novelnya, The Tenth Circle ini, Jodi Picoult menyisipkan pesan bahwa, keluarga adalah elemen penting dalam membentuk pribadi seseorang. Keluarga seharusnya menjadi tempat berlindung dan berlabuh.

Yang menarik, dan mungkin tidak ditemui di novel lain, adalah sisipan kisah komik Wildclaw di setiap akhir bab. Jadi, pembaca bisa menikmati dua macam cerita berbeda.
Sumber jodipicoult.com
Komik bercerita tentang perjuangan ayah menyelamatkan putrinya dari sepuluh tingkat neraka. Dan ini sesuai dengan Inferno karya Dante yang merupakan keahlian Laura.
Sumber jodipicoult.com
Plus ada pesan tersembunyi dari setiap halaman komik, yang akan membentuk sebuah kalimat kutipan (quote) dan inti dari cerita The Tenth Circle secara keseluruhan. Siapapun yang membaca The Tenth Circle akan disuguhi sesuatu yang tidak mengecewakan.

Komentar

  1. Keren sekali ulasannya😘

    -Mak Belalang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mak eh pak...😱
      Kapan bancaan, kok ganti nama???

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku: Diorama Sepasang ALBANNA

Judul: Diorama Sepasang Albana Pengarang: Ari Nur (Pemenang Sayembara Menulis Novel Islami Mizan) Penerbit: PT Mizan Pustaka Tahun: Cetakan II Mei 2008 Tebal: 216 halaman ISBN: 9789791738514 Genre: Novel Roman Diorama Sepasang Albana adalah kisah pencarian cinta sejati sepasang muda mudi yang menggeluti dunia arsitek. Cerita cinta antara Ryan dan Rani. Keduanya dipertemukan dalam sebuah biro arsitek ternama Ibukota. Walau bekerja sama dalam sebuah biro konsultasi, mereka tak pernah akur. Ryan adalah sosok pria milenial mapan yang perfeksionis. Sedangkan Rani adalah arsitek muda yang agamis dan idealis. Latar belakang, pola pikir, dan kepribadian yang bertolak belakang, semakin memperuncing permusuhan mereka berdua. Namun ternyata mereka punya satu kesaman. Keduanya mengidolakan tokoh arsitek Islam, Imam Hasal Al-Banna. Ryan mulai galau saat merasa tidak lagi mampu hidup sendiri. Walau termasuk golongan eksekutif muda mapan yang banyak digandrungi perempuan, R

Si Kecil Picky Eater? Coba 3 Cara Ini, Yuk!

Si kecil hanya mau melahap, makanan tertentu saja? Kemungkinan si kecil adalah picky eater , alias pilih-pilih makanan. Emak pasti khawatir ya. Takut kesehatannya terganggu, takut asupan gizinya kurang, dan takut perkembangannya terhambat. Saat menginjak usia 1 tahun, si kecil boleh mengonsumsi apa saja yang ada di meja makan. Namun, kondisi ini menimbulkan kekhawatiran baru. Kurangnya variasi MPAsi yang diberikan, bisa membuat anak hanya menyukai makanan tertentu saja. Pengalaman saya, MPAsi si sulung maksimal karena hampir semua sayur dan buah dikenalkan. Sedangkan pada si bungsu, hanya terbatas yang ada di tukang sayur saja. Kondisi ini ternyata berdampak pada pola makan mereka. Si sulung menyukai hampir semua sayur dan buah. Tak perlu drama saat makan, apapun yang disajikan emaknya, dia lahap. Namun, berbeda dengan bungsu. Dia hanya mau makan sayur tertentu saja. Makanan favoritnya ya, mi, telur dadar, dan kecap. Aduh, mana cukup vitaminnya 😥. Setelah lepas ASI, B

Ide Mentok saat Bikin Masakan untuk Keluarga Tercinta? Cobain Yuk, 5 Resep Olahan Telur Ini!

sumber sriwijaya post.tribun Besok masak apa Mak? Ini adalah pertanyaan horor buat saya, 😂, karena sering bingung mau menyajikan apa di meja makan. Sebenarnya bisa saja asal masak, sop, sayur bening, tumisan, atau sekadar goreng lauk berprotein hewani plus sambal. Namun, yang jadi masalah adalah tidak semua anggota keluarga  welcome  dengan menu tersebut, betul nggak, Mak?  Sebelkan, ya, bila sudah susah masak, eh, nggak ada yang nyentuh. Itu makanan awet di meja makan kayak diberi formalin 😜. Kalau masak kesukaan keluarga, bosen juga, masa’ iya, tiap hari menunya itu-itu saja. Nggak berubah. Selain bosen, asupan yang masuk ke dalam tubuh jadi kurang seimbang dan tidak bervariasi. Ujung-ujungnya perkembangan buah hati dan kesehatan jadi terganggu. Bila sudah begini, (jurus andalan sayah) telur menjadi alternatif. Hampir semua suka sama benda bulat yang berasal dari pantat ayam ini, eh 😂🙊. Telur punya banyak nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh, tapi ada juga asup