Langsung ke konten utama

Ide Mentok saat Bikin Masakan untuk Keluarga Tercinta? Cobain Yuk, 5 Resep Olahan Telur Ini!


Image result for ibu masak di dapur
sumber sriwijaya post.tribun

Besok masak apa Mak? Ini adalah pertanyaan horor buat saya, 😂, karena sering bingung mau menyajikan apa di meja makan. Sebenarnya bisa saja asal masak, sop, sayur bening, tumisan, atau sekadar goreng lauk berprotein hewani plus sambal. Namun, yang jadi masalah adalah tidak semua anggota keluarga welcome dengan menu tersebut, betul nggak, Mak? 

Sebelkan, ya, bila sudah susah masak, eh, nggak ada yang nyentuh. Itu makanan awet di meja makan kayak diberi formalin 😜. Kalau masak kesukaan keluarga, bosen juga, masa’ iya, tiap hari menunya itu-itu saja. Nggak berubah. Selain bosen, asupan yang masuk ke dalam tubuh jadi kurang seimbang dan tidak bervariasi. Ujung-ujungnya perkembangan buah hati dan kesehatan jadi terganggu.

Bila sudah begini, (jurus andalan sayah) telur menjadi alternatif. Hampir semua suka sama benda bulat yang berasal dari pantat ayam ini, eh 😂🙊. Telur punya banyak nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh, tapi ada juga asupan zat bergizi yang tidak dimiliki oleh si cangkang kokoh ini. 

Nah, beberapa hari lalu, scrolling di Ig, ada lo, feed menarik dari @parentalk.id. menu olahan dari telur yang bervariasi dan menambahkan aneka sayur di dalamnya. Siapa tahu bisa jadi referensi emak memasak, untuk besok.

Omelet

 Image result for omelet keju dan wortel 
sumber cookpad.com

Simpel, parut keju dan wortel dan campurkan ke kocokan telur. Beri bumbu penyedap, garam, dan lada secukupnya. Goreng dengan minyak panas dan hidangkan selagi hangat. Ada vitamin dari wortel, lemak dari keju, dan pastikan protein dari telur. Selain enak, pastinya bergizi, kan, Mak.

Dadar

 Image result for dadar wotel 

sumber cookpad.com

Eits, ini bukan dadar biasa ya. Tambahkan daging cincang, parutan wortel, dan daun seledri sedikit. Pasti rasanya jadi endul dan memiliki nutrisi yang seimbang. Setelah di tiriskan, potong menjaadi beberapa bagian dan sajikan dengan cocolan saos.

Brokoli Telur

 Image result for brokoli telur
sumber kuliner ilmci.com

Pernah goreng tahu bakso, kan, Mak? Nah, kali ini coba ganti tahu bakso dengan sayuran yang bergizi. Bisa pakai brokoli, daun bayam, atau kembang kol. Menu ini bisa jadi penolong kala si kecil susah makan sayur. 

Telur tahu

Image result for telur tahu 
sumber tribunnews.com

Menu satu ini adalah percampuran daging cincang, telur, dan tahu yang dilumatkan. Tambahkan irisan daun bawang atau seledri. Menu ini bisa dijadikan lauk atau sekadar camilan sore hari, lengkapi dengan cocolan saos pedas, ya.

Scrambled Egg

 Image result for telur orak arik bayam
sumber detikfood.com

Bahasa populernya telur orak arik, ya, 😅. Namun, diberi tambahan irisan bayam, kol, atau daun bawang dan seledri. Mudah dan cepat, pas dijadikan teman makan nasi saat sarapan.

Gimana, Mak, mudah dan murah ya. Pastinya cepat dan tidak butuh waktu lama memasak. Sayah termasuk yang males kalau masak lama. Nggak betah di dapur yang fanas,😅🙈. Semoga bermanfaat ya.

Komentar

  1. Wow...resep yang simple banget ya Mbak...buatnya juga mudah...bakalan saya coba ntar di rumah Mbak, soale pagi sarapan andalan kami adalah telur...karena harus cepat-cepat berangkat sekolah dan kerja. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya nih, sering banget bingung mau masak apa.. Ujung-ujungnya suami yang ambil alih kerjaan masak.. hahaha..
    5 menu ini bisa banget buat dipraktekkin nanti.. Makasih banyak buat sharingnya mba.. 🥰🥰

    BalasHapus
  3. Kalau di rumahku yang jago masak omelet itu suami, Mbak. Hasilnya selalu lembab, gutih dan anak-anak sukak banget. Kalau aku lbh suka masak orak-arik. Tambah sayur dan lain sebagainya, diusre-usrek doang langsung jadi, hehe.

    BalasHapus
  4. resepnya mantul, wajib dicoba ini mbak soalnya biasanya si sulung sukanya cuma diceplok. Kemarin dia janji mau makan sayur asal itu sayur brokoli, mudah-mudahan si sulung suka.

    BalasHapus
  5. hahaha saya banget nih, mana anak-anak sukanya telur, jadinya tiap hari putar otak mau diapain lagi telurnya.
    Biasanya sih saya di dadar sama di orak arik.
    Anak saya suka banget kalau masak keduanya.
    Sayangnya kalau keseringan makan telur, kulitnya alergi :D

    BalasHapus
  6. Brokoli telor boleh nih, belum pernah coba. Semacam enak ini. Dan anak-anak juga doyan banget sama aneka olahan brokoli mau rebus ataupun goreng. Cusss segera panggil tukang sayurr

    BalasHapus
  7. Wah, telur mmg sudah jadi menu wajib di rumah saya. Yang belum pernah dicoba yang telir tahu dan campur brokoli. Kapan2 kudu di praktekin di rumah sepertinya, siapa tahu krucil suka. Tq sharingnya mb

    BalasHapus
  8. Semuanya enak. Hehe ... Telur emang paling praktis buat diolah. Boleh juga ide brokoli telur, yang lain juga enak semua. Simpel lagi. Trims sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  9. Hahahaha...iya betul. Itu resep pas kepepet. Saya juga gitu. Cuma belum coba yang scramled egg.

    BalasHapus
  10. Bener banget..telur penolong emak di dapur. Simple dan banyak varian resep

    BalasHapus
  11. Bahan paling praktis ini..telur
    Sudah sering bikin, kecuali telur tahu...dah lama eggak bikin nih..wah pas buat camilan saat hujan
    Makasih resepnya

    BalasHapus
  12. Penasaran sama brokoli telurnya nih. Belum pernah cobain. Kalau lainnya sih udah.

    BalasHapus
  13. Pas banget lihat kayak gini saat jam makan siang, jadi laperr kan. Duh, penasaran deh pengen cobain brokoli telor dan telor tahu.

    BalasHapus
  14. tinggalin jejak dulu ah.. penting bgt ini. Thanks sharingnya ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku: Diorama Sepasang ALBANNA

Judul: Diorama Sepasang Albana Pengarang: Ari Nur (Pemenang Sayembara Menulis Novel Islami Mizan) Penerbit: PT Mizan Pustaka Tahun: Cetakan II Mei 2008 Tebal: 216 halaman ISBN: 9789791738514 Genre: Novel Roman Diorama Sepasang Albana adalah kisah pencarian cinta sejati sepasang muda mudi yang menggeluti dunia arsitek. Cerita cinta antara Ryan dan Rani. Keduanya dipertemukan dalam sebuah biro arsitek ternama Ibukota. Walau bekerja sama dalam sebuah biro konsultasi, mereka tak pernah akur. Ryan adalah sosok pria milenial mapan yang perfeksionis. Sedangkan Rani adalah arsitek muda yang agamis dan idealis. Latar belakang, pola pikir, dan kepribadian yang bertolak belakang, semakin memperuncing permusuhan mereka berdua. Namun ternyata mereka punya satu kesaman. Keduanya mengidolakan tokoh arsitek Islam, Imam Hasal Al-Banna. Ryan mulai galau saat merasa tidak lagi mampu hidup sendiri. Walau termasuk golongan eksekutif muda mapan yang banyak digandrungi perempuan, R

Si Kecil Picky Eater? Coba 3 Cara Ini, Yuk!

Si kecil hanya mau melahap, makanan tertentu saja? Kemungkinan si kecil adalah picky eater , alias pilih-pilih makanan. Emak pasti khawatir ya. Takut kesehatannya terganggu, takut asupan gizinya kurang, dan takut perkembangannya terhambat. Saat menginjak usia 1 tahun, si kecil boleh mengonsumsi apa saja yang ada di meja makan. Namun, kondisi ini menimbulkan kekhawatiran baru. Kurangnya variasi MPAsi yang diberikan, bisa membuat anak hanya menyukai makanan tertentu saja. Pengalaman saya, MPAsi si sulung maksimal karena hampir semua sayur dan buah dikenalkan. Sedangkan pada si bungsu, hanya terbatas yang ada di tukang sayur saja. Kondisi ini ternyata berdampak pada pola makan mereka. Si sulung menyukai hampir semua sayur dan buah. Tak perlu drama saat makan, apapun yang disajikan emaknya, dia lahap. Namun, berbeda dengan bungsu. Dia hanya mau makan sayur tertentu saja. Makanan favoritnya ya, mi, telur dadar, dan kecap. Aduh, mana cukup vitaminnya 😥. Setelah lepas ASI, B